Penerapan Model Decision Support System Dalam Penentuan Pemilihan Minat Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v7i1.1103Kata Kunci:
DSS, Smart, SAW, Bakat SiswaAbstrak
Identifikasi pengembangan minat dan bakat penting dilakukan guna mengetahui potensi siswa dalam memilih jurusan yang tepat. Hal ini penting dalam melihat jenis minat dan bakat khusus siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan minat dan bakat khusus pada siswa berdasarkan kemampuan dan kecerdasan siswa. Kriteria yang digunakan dalam seleksi adalah nilai ujian nasional, nilai test basic kompetensi, nilai raport, nilai ujian akhir sekolah dan nilai gabungan. Gabungan metode smart dan saw untuk melihat nilai penghitungan tingkat akurasi dengan hasil analisis dari masing-masing perangkingan. Hasil pengujian metode smart and saw dapat diterapkan dengan cara membandingkan data dengan sistem yang telah ditentukan di awal oleh pihak sekolah sehingga diperoleh tingkat akurasi yang baik. Selanjutnya nilai dari Abdul Nilai UN 6,00, Nilai Tes Kompetensi 7,00, Nilai Raport 6,00, Nilai Uas 9,00, Nilai Gabungan 8,00 untuk matrik normalisasi, 0,71, 1, 0,69, 1,00 1,00 dan hasil dari metode SAW. Abdu dengan nilai 4,28, Bahri dengan nilai 4,64, wisma dengan nilai 4,65 dan Izzah dengan nilai 4,51. untuk masing-masing minat siswa di tentukan oleh pihak sekolah. Hasil dari Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Utama untuk membantu sekolah membuat keputusan terbaik dengan memanfaatkan proses dalam pemilihan bakat siswa.
Unduhan
Referensi
Apriadi, D., & Kuswandhie, R. (2020). Sistem Pendukukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sma Bina Satria. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 5(2), 101–109.
Aulia Rahmah, S., & Putri, E. E. (2021). Aplikasi Perancangan Data Penduduk Untuk Pemilu Desa Durin Tonggal Kecamatan Pancur Batu Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decission Making. JURNAL TIKA, 6(01), 74–80. https://doi.org/10.51179/tika.v6i01.417
Fitri, Z., Akbar, M. Z., & Ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe. JURNAL SISTEM INFORMASI, 5(1).
Hutabarat, S. M. (2021). Implementasi Metode Smart (Simple Multi Atribute Rating Technique) Dalam Menentukan Jurusan Di Sma Hkbp 2 Tarutung. Jurnal Multimedia Dan Teknologi Informasi (Jatilima), 3(02), 47–52.
Irawan, Y., Simamora, S. O., & others. (2019). Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Kegiatan Ekstrakurikuler Berdasarkan Bakat dan Minat Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 198–205.
Kadafi, A. R. (2018). Perbandingan Algoritma Klasifikasi Untuk Penjurusan Siswa SMA. Jurnal ELTIKOM: Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi Dan Komputer, 2(2), 67–77.
Kurniasari, R., & Fatmawati, A. (2019). Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Penjurusan Siswa Sekolah Menengah Atas. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 8(1), 19–27.
Mughniy, M., Wihandika, R. C., & Prasetio, B. H. (2018). Sistem Rekomendasi Psikotes untuk Penjurusan Siswa SMA menggunakan Metode Modified K-Nearest Neighbor. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.
Nainggolan, C. S. N., & Siahaan, R. F. (2020). Implementasi Metode SAW Dalam Memprediksi Minat Belajar Siswa Pada SMA Rk Lubuk Pakam. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 3(1.1), 176–182.
Pratama, A., Salamah, S., Ula, M., & Hayana, N. (2021). APPLICATION OF CLUSTERING GROUPS IN DETERMINING LAND SUITABILITY. MULTICA SCIENCE AND TECHNOLOGY (MST), 1(2), 80–86.
Purwanti, Y. I., Ginting, B. S., & others. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) Di Kota Binjai Dengan Metode Simplemultiple Attribute Rating Technique (SMART)(STUDI KASUS: DINAS SOSIAL BINJAI). JUKI: Jurnal Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9.
Putri, N. A. (2018). Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Kepribadian Siswa Menggunakan Metode Certainty Factor dalam Mendukung Pendekatan Guru. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 78–90.
Seputro, S. A., & Masya, F. (2020). Assessment of Student’s Interests and Talents Using The Web-Based Certainty Factor Method. Jurnal Riset Informatika, 2(3), 131–136.
Ula, M., Pratama, A., Asbar, Y., Fuadi, W., Fajri, R., & Hardi, R. (2021). A New Model of The Student Attendance Monitoring System Using RFID Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1807(1), 12026.
Wicaksono, A. S. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN SISWA SMA N 1 KAWEDANAN DENGAN METODE TOPSIS. STMIK Sinar Nusantara Surakarta.
Widarti, T. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR: PENGUKURAN BERBAGAI BESARAN PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN METODE SMART LEARNING SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 PURWODADI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universal Journal, 7(2), 13.
Yusniar, Y., Usman, U., Ula, M., Fakrurrazi, F., Salamah, S., & Qumar, M. (2021). Feasibility Strategy on Giving Capital for Salt Farmers in Increasing Economic Productivity Using KNN Classification Model. Jurnal Mantik, 5(3), 1818–1824.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Mutammimul Ula, Rizky Putra Phonna, Ilham Saputra, Suheri, Angga Pratama
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.